5/1/12

HFMD (Hand, Foot, Mouth Disease)

Assalamualaikum wr.wb all,

1 May 2012, yaaa hari ini bertepatan dengan "May Day"
diawali dengan adik Almer terjangkit Virus HFMD (Hand, Foot Mouth Disease), rasanya seperti keselek tulang ayam begitu dokter mendiagnosa "ya, anak ibu terkena HFMD" saya sendiri masih awam dan terus bertanya-tanya virus apa sih itu? darimana sih datang nya? so far anak-anak makan dengan lahap, intinya mulut mereka selalu mengunyah, batu juga dikunyah *loh, ngarang!*

28.04.2012
Siang hari adik Almer mulai rewel, even Almer masih mengunyah makanan, mulai manja, dan suhu tubuh mulai memanas mendadak, enggak seperti biasanya, tapi saya fikir ini hanya panas biasa, kalo kata orang tua dulu bilang sih "mau pinter" yaah Amin-nin aja, ambil positifnya, sore itu masih saya mandikan, dengan air-air setengah hangat sama dingin, malem nya suhu tubuh tambah gak karuan, panas tinggi dan saya kasih paracetamol, karena worry panas semakin tinggi lagi. sampai akhirnya kecapean rewel dan dia tertidur.

29.04.2012
01.15am
mungkin jam-jam segini Almer terbangun, kalau tidak salah denger cerita dari suami, karna saat itu saya benar-benar kesirep (baca: lelap, kecapean), akhirnya Almer dijaga sama Daddy sampai ketiduran.

08.00am - 06.30pm
jam-jam makan, alhamdulillah sih mau makan, sudah tidak panas

11.30am
akhirnya hari itu kami memutuskan untuk pergi ke inacraft di JCC.

02.00pm
kami semua berangkat ke JCC untuk liat inacraft, selama perjalanan saya memang sudah menemukan kejanggalan, dari mulai rewel lagi, gak seperti biasanya, karna si adik Almer ini paling seneng banget kalo di ajak jalan-jalan, saya sesekali memberikan makanan dimobil, yang kecil-kecil aja sih, kayak biskuit atau buah pisang, biasanya pisang itu adik Almer abis 2-3 batang, tapi saat itu, jangankan 1 batang, lihat bunda nya ngerok pisang aja dia udah kejer, and then, eat stop! minum ASI aja. ternyata sesampainya disana, weleh-weleh adik Almer nangis kejer, mungkin karena kondisi lagi gak fit, ditambah kerumunan orang banyak, jadi makin-makin. yaa ampun rasanya panik jadi ngerasa bersalah bawa adik Almer pergi dengan kondisi kayak gitu, karena awalnya gak panas, tiba-tiba mendadak panas lagi, dan sejak dimobil keluar bintik-bintik merah di telapak kaki dan tangan, saat tidur di pundak kakek nya, adik Almer ngileeeerr, gak kayak biasanya. intinya saya sebagai orang tua masih berfikir positif dan itu hanya panas biasa. Inshaallah bisa sembuh dengan sendirinya

hari semakin malam, semua orang rumah kecapean karena abis berdesak-desakan di inacraft, padahal gak ada yang dibeli, hahahaaa..

30.04.2012
12.10am
adik Almer mulai nangis-nangis, bintik merah di kaki mulai banyak, feeling as a mother mulai kemana-mana, karena banyak temen yang anak nya pernah sakit dengan gejala seperti adik Almer, but still be positive.

06.30pm
pulang dari kantor dapet laporan, Almer rewel, gak mau tidur, sebentar-sebentar, ngeces terus, makannya sedikit, begitu dengar kabar kayak gitu, saya langsung cek semua kaki, tangan dan mulut, yang mengherankan jika benar anak ini HFMD, kenapa di mulut tidak ada bintil-bintilnya ya? tanpa pikir panjang coba tanya ke Group Montiks soal ini, dan mereka menyarakan langsung segera bawa ke dokter kalo memang saya penasaran dengan diagnosanya.

07.15pm
oke, tanpa pikir panjang langsung call Rs. H*rmina di Jatinegara, dengan Dr. Idham SpA, sesekalinya ke dr.Idham ini, meskipun udah malem, mashaallah antrinya, bejubeeeeel, adik Almer dapet no.antrian paling akhir.

09.00pm
tiktok tik tok tik tok kita masih aja nunggu diluar, belum dipanggil, haaaaaaaaaaaaaaaaaaa rasanya udah mau ganti dokter aja deh, karena kasian juga ninggalin si kakak di rumah, finally, thanks god. seling 10 menit kita masuk, dan akhirnya ketemu langsung denga Dr. Idham SpA favourite orangtua, entah kenapa di favouritkan, hahahahaa, selain santai dan slenge'an, beliau juga baik dan GAK PRO AB, thats way the parents choice him (maybe yaa, maybe yes maybe no) inilah percakapan saya, suami dan dr.Idham

aven : dok, Almer demam tinggi, keluar merah-merah di kaki, tangan, rewel dan tidak mau makan, saya curiga ini HFMD
dr. : okelah, kita cek dulu, nah iyaa bener ini apa yang kayak ibu bilang.

lemes, shock, hmmmh..padahal begitu ditidurkan dan dilihat kakinya beliau langsung menyatakan itu HFMD or we called "Flu Singapura" 

aven : masa sih dok? tapi mulutnya bersih kok
dr. : yuk kita cek

yaa ampuuun ternyata begitu dibuka mulutnya banyak sariawan kayak melepuh-melepuh gitu diseputar mulut dan langit-langit mulutnya Almer, dan menyedihkan sekali kondisinya. kasihan.....
pada dasarnya penyakit itu berawal dari virus yang datangnya entah dari mana, menyerang anak-anak berusia 1-7th, virus hanya keluar diseputar tangan, kaki dan mulut disertai dengan demam, anak cenderung segan untuk makan, mengunyah dan buka mulut, mungkin karena efek sakit dan perih. penyakit ini akan sembuh dengan perjalanannya sendiri, dalam kurun waktu kurang lebih 7 hari, yaa jadi selama masa sakit itu si anak cenderung lemas, demam dan memproduksi air liur yang banyak alias mengeces.
penyakit ini tidak ada obatnya loh sodarah-sodarah, tidak ada vaksin untuk menangkal virus ini, dan obatnya hanya pintar-pintarnya kita menjaga tubuh dan menjaga anak-anak agar selalu tetap bersih, rajin mencuci tangan dan kaki sehabis melakukan kegiatan, supply makanan yang bergizi dan konsumsi susu serta buah-buahan.

semoga semua sehat selalu yaaa, begitu juga dengan adik Almer, semoga lekas sembuh nak :)
we love you :)


wassalamualaikum wr. wb

No comments:

Post a Comment